SlideShow

0

Tips Membeli Laptop baru



1. Tentukan budget dan keperluan anda

Tentukan budget yang anda punya dan carilah laptop yang ada di range harga tersebut dengan begitu anda akan fokus. Selain itu tentukan tujuan anda membeli laptop, apakah untuk keperluan kantor, kuliah, game, desain atau editing.

2. Ukuran

Jika pembaca tergolong pengguna yang sering berpindah (mobile) dan hanya menggunakan laptop untuk keperluan biasa (basic) bisa membeli netbook 10-11 inch yang harganya lebih murah dengan umur baterai lebih lama, namun bila laptop digunakan sebagai pengganti PC sebaiknya memilih layar dengan ukuran minimal 14 inchi.

Saat ini beberapa produsen menjual laptop CULV (Consumer Ultra-Low Voltage) yang sangat tipis. Bila ingin bergaya laptop ini cocok untuk anda, tetapi untuk performa masih dibawah laptop standar, jadi pertimbangkan kebutuhan anda dulu apakah untuk gaya, mobile, atau pengganti desktop komputer.

3. Rencanakan ke depan

Prosessor laptop anda tidak akan bisa diupgrade, jadi pilih yang cukup cepat untuk mendukung aktivitas anda minimal 1 tahun kedepan. Memilih Laptop dengan slot memory DDR3 juga patut diprioritaskan, meskipun saat ini harganya lebih mahal.

4. Seimbangkan performa laptop anda

Cukup sering penulis melihat teman atau kerabat terobsesi untuk membeli prosessor yang terbaru, namun mereka lupa untuk memilih memori yang seimbang. Minimal anda membeli laptop dengan RAM 2 gigabyte – 4 gigabyte.

Jika anda merencanakan untuk menggunakan RAM lebih dari 4 GB, pastikan anda menggunakan Sistem operasi 64bit, karena jumlah RAM maksimal hanya akan terdeteksi 4GB di OS 32bit.

5. VGA card / kartu grafis

Banyak orang yang membeli laptop hanya memperhatikan prosessor tapi kemudian menyesal saat laptopnya lambat saat menonton film, bermain game, atau mengedit gambar. Pemilihan VGA juga sangat vital karena untuk laptop yang beredar saat ini tertanam di motherboard dan tidak bisa diupgrade.

Untuk penggunaan sedang Intel GMA4500 sudah cukup untuk basic gaming, menonton film, dan dvd, biasanya kartu ini akan share memory dengan memory laptop.
Sedangkan chipset dengan NVIDIA atau ATI ditujukan untuk gaming yang lebih baik, dan editing video dan gambar, VGA chip ini menggunakan dedicated memory sehingga tidak akan mengurangi memory laptop anda.

Jangan pernah membeli laptop dengan chip VGA yang murahan, contoh SIS Mirage 2 / Mirage 3 atau S3. Beberapa laptop buatan lokal menggunakan chip VGA ini untuk menekan harga, performa kartu ini sangat mengecewakan bahkan hanya untuk menonton DVD performanya sangat jelek.

6. Prioritas pada merk branded

Infoteknologi.com tidak anti merk lokal, tapi pada kenyataannya servis purna jual merk branded lebih baik dan bertanggung jawab. Jadi jika anda ditawarkan 2 laptop dengan spesifikasi yang sama namun harganya tidak berbeda jauh (100-300 ribu) sebaiknya memilih merk branded untuk menghindari kepusingan dimasa depan.

7. Windows shopping

Terakhir, bila anda sudah menentukan merk, tipe, dan spesifikasi yang anda inginkan; cari toko dengan penawaran yg lebih baik, jgn langsung membeli, namun lakukan riset dahulu ke toko lain.

sumber : infoteknolgi.com

0 komentar:

Posting Komentar